Rabu, 12 Februari 2020

Yuk Intip Rehabilitasi Mental untuk Menghilangkan Kecanduan Clubbing

Clubing Dugem

Pergaulan anak muda tidak terlepas dari pengaruh dunia luar. Beberapa dunia pergaulan yang perlu diwaspadai bagi anak muda adalah clubbing. Banyak yang menjadikan kegiatan ini sebagai solusi untuk menghilangkan stress, padahal kecanduan clubbing merupakan salah satu gangguan mental sehingga perlu dilakukan upaya untuk menyembuhkannya dengan melakukan rehabilitasi. Berikut ini metode penyembuhan untuk menghilangkan kecanduan clubbing.
 

Teknik Rehabilitasi Mental Terhadap Kecanduan Dugem

1. Pemberian Obat-Obatan Medis
Ketika mendatangi tempat clubbing, hampir setiap pengunjung mengkonsumsi minuman beralkohol. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kecanduan. Selain itu, alkohol termasuk salah satu minuman yang bisa menyebabkan timbulnya halusinasi. 
 
Jika seseorang sudah sering mengalami halusinasi, maka hal ini bisa memicu pada gangguan mental yang serius. Tidak hanya itu, orang yang biasa keacanduan alkohol seringkali diliputi rasa kecemasan tinggi. 
 
Penggunaan obat-obatan media bertujuan agar efek samping dari alkohol yang dikonsumsi oleh orang kecanduan clubbing bisa dikurangi. Selain itu, obat-obatan yang diberikan biasanya memiliki sifat anti depresi yang bertujuan untuk mengurangi rasa cemas yang dialami olah orang yang kecanduan clubbing sehingga pikiranya bisa lebih tenang.Pemberian obat-obatan untuk menghilangkan kecanduan clubbing ini harus sesuai dengan resep dokter.
 
2. Ruqyah Sar’iyyah
Salah satu metode penyembuhan ketergantungan dugem, bisa dilakukan dengan melakukan ruqyah syar’iyyah. Cara ini biasanya dilakukan dengan menggunakan al-qur an dalam terapi. Dengan mendengarkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, maka kondisi hati penderita kecanduan dugem akan merasa lebih tenang. Sebagaimana penyebab dari kecanduan dugem ini bisa disebabkan karena kondisi pikiran yang stres sehingga membutuhkan hiburan untuk menghilangkannya.
 
Metode ini dinilai cukup efektif karena dengan meminta bantuan Alloh untuk menyembuhkan penyakit pasien. Dengan pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an yang bisa membuat seseorang lebih dekat dengan Tuhannya, sehingga suasana hati pasien menjadi lebih rileks dan tidak mudah terkena stress. Kondisi ini bisa memberikan motivasi pada penderita untuk menghilangkan kecanduan clubbing.
 
3. Terapi Psikoreligius
Terapi inimerupakan salah satu jenis terapi,dimana para penderita gangguan mental lebih banyak dilibatkan dalam kegiatan keagamaan seperti sholat, berdzikir dan membaca Al-Qur’an. Terapi ini akan memberikan pengalam pada pasien sehingga pikirannya lebih dekat dengan Alloh. Kondisi hati yang lebih dekat dengan Tuhannya, akan membuat penderita berusaha sebaik mungkin menjauhi perbuatan-perbuatan yang tidak baik seperti clubbing.
 
Selain itu, terapi religius juga bertujuan untuk menstabilkan emosi pasien. Hal ini karena kebanyakan kecanduan clubbing dialamioleh remaja yang memiliki emosi yang masih belum stabil serta mudah terpengaruhnya dengan pergaulan luar. Sehingga memicu untuk ikut-ikutan ajakan teman yang akhirnya berujung pada kecanduan.
 
4. Psikoterapi
Psikoterapi merupakan terapi psikologis untuk menghilangkan kecanduan clubbing dengan beberapa pendekatan, seperti terapi perilaku. Dalam kondisi ini, kecanduan clubbing bisa disebabkan karena pikiran negatif terhadap orang terdekat karena kurang memahami suasana hatinya. Akhirnya ia mencari pelampiasan lain dengan clubbing. Terapi perilaku kognitif ini akan mengubah pikiran yang negatif tersebut sehingga menjadi pikiran yang lebih positif dan kembali seperti semula.
 
5. Hipnoterapi
Terapi ini merupakan salah satu terapi yang memberikan penyembuhan yang cukup ampuh. Hipnoterapi menggunakan pikiran bawah sadar pasien untuk melakukan proses penyembuhan. Banyak orang yang berfikir bahwa terapi ini bisa menghilangkan ingatan seseorang. Padahal sebenarnya manfaat dari melakukan hipnoterapi, pasien bisa kebih fokusn dan mudah berkonsentrasi terhadap suatu masalah.
 
Namun, dalam melakukan terapi ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya penderita harus mampu memahami bahasa dan komunikasi dengan baik, selain itu kemauan mengikuti hipnoterapi berdasarkan keinginannya sendiri. Jika kondisi pecandua dipaksakan untuk mengikutinya, maka hasilnya tidak akan maksimal. Sistem kerja dari hipnoterapi adalah menghilangkan kecanduan clubbing yang sudah terprogram di pikiran bawah sadar.
 
Kecanduan clubbing yang dialami oleh remaja harus segera diatasi. Clubbing bisa memberikan banyak efek negatif, seperti kecanduan narkoba dan seks bebas. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan ketergantuangan clubbing. Beberapa solusi yang bisa diterapkan antara lain, pemberia obat-obatan medis, rukyah syariyah, terapi psikoreligius hingga hipnoterapi. Agar penderita lebih cepat sembuh dari kecanduan, sebaiknya dilakukan rehabilitasi.
Load disqus comments

0 komentar