Kamis, 13 Juni 2019

HP Samsung M10 VS OPPO 3s, Lebih Baik Yang Mana

Awal tahun 2019 nampaknya tahun dimana banyak HP entri level berdatangan, bahkan Samsung yang biasanya mengeluarkan varian HP yang mahal juga ikut mengeluarkan HP dengan harga yang murah, salah satu andalan adalah HP Samsung M10.

HP Samsung M10
Namun samsung juga harus bersaing dengan brand lainnya yang sudah sejak lama bermain disktor HP entri level seperti OPPO yang sudah mengeluarkan HP entri level andalannya A3s.

Lalu mana yang lebih baik di antara keduanya, berikut kami berikan beberapa perbandingan dari kedua HP tersebut.

Perbedaan Samsung Galaxy A10 vs OPPO A3s.

1.    Layar
Dilihat saja memang ada perbedaan ari dua HP ini. Jika OPPO A3s masih menggunakan poni yang sangat lebar seperti iPhone X, Galaxy A10 sudah mengusung desain kekinian, yakni poni kecil yang disebut dengan Infinity-V.

Selain itu, meski menawarkan spesifikasi yang serupa, Galaxy A10 sudah menawarkan layar berjenis PLS TFT, yang diklaim oleh Samsung memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan teknologi IPS yang ada di OPPO A3s.

2.    Dapur Pacu
Galaxy A10 dan OPPO A3s sama-sama dilengkapi dengan chipset delapan inti (octa-core). Namun walaupun demikian, masing-masing chipset tersebut memiliki konfigurasi inti dan kecepatan yang cukup berbeda.

Exynos 7884B menawarkan inti ARM Cortex A73 dan ARM Cortex A53 yang bisa dipacu hingga 1,6 GHz, sementara Snapdragon 450 hanya dilengkapi dengan ARM Cortex A53 namun bisa dipacu hingga 1,8 GHz. Sebagai tambahan informasi, ARM Cortex A73 merupakan inti yang lebih bertenaga jika dibandingkan dengan ARM Cortex A53.

Sementara itu, Exynos 7884B juga dilengkapi dengan dukungan pengolah grafis GPU Mali G71 MP2, sedangkan Snapdragon 450 menggunakan Adreno 506. Dalam beberapa hal, Adreno 506 lebih unggul karena memiliki GFLOPS atau kemampuan komputasi yang lebih tinggi.

3.    Kamera
Meskipun sama-sama dilengkapi dengan kamera utama dengan resolusi 13 MP, Galaxy A10 telah menggunakan sensor dengan aperture yang lebih kecil. Artinya, akan lebih bisa diandalkan meski dalam kondisi gelap karena memiliki bukaan diafragma yang lebih besar.

Sementara itu, kamera utama OPPO A3s yang dilengkapi dengan sensor kedalaman sebesar 2 MP, secara teori seharusnya lebih bisa diandalkan untuk membuat gambar bokeh, yakni gambar dengan background blur.

Di kamera depan, OPPO A3s juga lebih bagus. Perangkat ini memiliki dukungan kamera dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Galaxy A10. Dengan resolusi yang lebih besar, artinya smartpone tersebut akan menghasilkan foto selfie maupun wefie dengan lebih jelas.

4.    Fitur
Sebenarnya, kedua perangkat ini menawarkan dukungan fitur yang hampir setara. Namun, ada satu hal yang bisa dipertimbangkan, bahwa Galaxy A10 telah menggunakan Bluetooth 5 sedangkan OPPO A3s masih Bluetooth 4.2.

Secara teknis, Bluetooth 5 menawarkan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan dari seri sebelumnya. Versi Bluetooth ini diklaim memiliki jangkauan yang lebih jauh dan bisa menyalurkan data hingga dua kali lebih cepat. Dan terakhir.

5.    Baterai
Di segi daya, sebenarnya dipengaruhi oleh banyak hal. Namun secara teknis, OPPO menawarkan kemampuan yang lebih baik, karena telah dilengkapi dengan kapasitas baterai yang lebih baik dibandingkan Galaxy A10.

Dua varian HP ini memang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung kebutuhan dan selera penggunanya saja. Bagi kamu yang ingin membeli salah satu dari HP ini, silahkan langsung saja cek Blibli.com, e-commers terpercya dan salah satu yang terbaik di Indonesia.
Load disqus comments

0 komentar