Rabu, 08 Mei 2019

Cara Merawat Genset yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama

Generator set atau genset adalah alat atau perangkat pembangkit tenaga listrik generator dapat digunakan saat pasokan listrik dari PLN tidak ada atau mati. Penggunaan generator yang dulu biasanya ada di perusahaan atau pabrik-pabrik kini sudah banyak digunakan di rumah-rumah. Hal ini karena adanya progam UKM atau Usaha Kecil Menengah yang biasanya digunakan untuk menghidupkan mesin dengan kapasitas kecil ketika pasokan daya listrik mati. Selain dengan menggunakan jasa service genset kita juga bisa melakukan perawatan genset di rumah. 

Perawatan Genset
 
Berikut ini ada beberapa cara untuk melakukan perawatan genset.
1.    Bacalah buku petunjuk
Pastikan anda membaca buku petunjuk sebelum menggunakan genset tersebut. Setiap merk genset memiliki cara penggunaan yang berbeda. Hal ini karena jenis mesin setiap genset tidaklah sama. Seperti perawatan genset mesin diesel dan mesin berbahan bakar bensin.
2.    Rutin ganti oli
Dengan rutin mengganti oli mesin akan jauh lebih mudah digunakan. Selain itu dengan rutin mengganti oli juga dapat mencegah mesin lebih gampang rusak.
3.    Tempatkan di area kering dan datar
Penempatan genset juga merupakan saalah satu cara merawat genset. Dengan menempatkan genset pada tempat yang kering, datar dan bersuhu normal, genset akan lebih terjaga dan terhindar dari beberapa resiko seperti kecelakaan kerja.
4.    Menjaga kebersiihan genset
Ada baiknya anda untuk selalu menjaga kebersihan genset baik dari debu, kotoran ataupun minyak. Hal ini agar genset bisa bertahan lama.
5.    Memeriksa radiator
Selain rutin mengganti oli, anda juga seharusnya rutin memeriksa radiator. Anda bisa menggunakan cairan pendingin radiator agar komponennya tidak mudah berkarat.
6.    Jadwalkan perawatannya
Anda bisa menjadwalkan perawatan genset yang pasti harus  dilakukan seecara rutin. Contohnyya seminggu atau sebulan sekali.
7.    Pemanasan
Ada baiknya sebelum digunakan anda memanaskan terlebih dahulu mesin. Hal ini agar sirkulasi oli lebih maksimal dan accu starter lebih prima dan tahan lama.
8.    Matikan genset jika ada kejanggalan
Jika anda merasa ada kejanggalan dari genset, maka segeralah matikan genset. Setelah itu anda bisa mengunjungi service genset terdekat.
Load disqus comments

0 komentar